Home » » Cara Mengatasi Lag PES 2018 di Android

Cara Mengatasi Lag PES 2018 di Android

Seperti pada tahun kemarin, game PES atau Pro Evolution Soccer selalu menjadi perhatian banyak orang setelah merilis versi 2018. Belum lama ini, PES telah resmi meluncurkan PES 2018 di platform Android.

PES atau Pro Evolution Soccer adalah suatu game sepak bola yang saat ini laris dimainkan oleh kaum muda di Indonesia. Namun, sedikit berbeda di tahun sebelumnya kali ini PES 2018 meminta sistem Requirements yang cukup tinggi sehingga para player sering mengalami lag saat bermain.


Saya sendiri cukup heran, ketika sistem Requirements PES 2018 Android diumumkan, dimana spek dari game tersebut membutuhkan processor yang mumpuni. Tapi, setelah diatur sedemikian rupa akhirnya saya menemukan solusi terbaik untuk mengatasi Lag PES 2018 di Android.

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Cara ini terbukti ampuh, karena dengan cara menghentikan / menghapus aplikasi bawaan dari smartphone niscaya kinerja processor tidak begitu berat sehingga kamu dapat nyaman memainkan game PES 2018 Android.

2. Bersihkan Cache

Ini penting, terkadang pada saat kamu membuka sosial media terdapat banyak cache yang sebenarnya bisa dihapus namun sebagian orang tak peduli akan hal ini. Saran saya hapuslah Cache pada smartphone Android mu jika ingin memainkan PES 2018.

3. Pakai Aplikasi Seeder


Seeder adalah aplikasi android yang diaktifkan untuk memaksimalkan performa hardware pada Android. Aplikasinya cukup ringan, sederhana, dan mudah digunakan. Untuk menggunakan aplikasi ini, smartphone mu harus berada dalam status Root.

4. Hapus Game Lainnya

Kalau kamu sering mendownload banyak game namun tidak pernah memainkan game itu sebaiknya hapuslah game yang sekiranya tidak kamu mainkan lagi. Karena solusi terbaik memanikan game PES 2018 ini adalah dengan cara menghapus game-game berat lainnya.

5. Ketahui Spesifikasi HP


Singkat cerita ketika mencoba PES 2018 di Android dengan spesifikasi: Android 6.0, RAM 4GB, Internal Memori 64 GB dan Prosessor MediaTek Helio. Spek smartphone saya ini cukup mendekati system req, tetapi pas dimainkan terjadilah Lag ketika bermain PES 2018. So, saran saya untuk kamu yang ingin memainkan PES di Android ini gunakanlah hp yang sudah mendukung processor Snapdragon seperti Redmi 4X.

Nah, itu dia kelima cara mengatasi Lag PES 2018 Android, jika dirasa masih kurang pas kamu bisa komentar dibawah ya. Kebetulan setelah saya mengikuti cara diatas Alhamdulillah sampai sekarang belum menemukan lag yang berarti.

17 comments:

  1. Bang kenapa kalau saya main match online dia lag sekali bang, kasi solusi nya dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kemungkinan besar faktor PES 2018 lag di android..

      1. Hp ente RAM nya kecil
      2. Sinyal nggak stabil
      3. Kapasitas RAM habis

      Usahakan pada saat bermain match online sinyal harus stabil bro.

      Delete
  2. Numpang nanya dong,, kenpa klw q maw main match online sna teman qo malah keluar ya dari aplikasinya,,, mohon pencerahannya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. RAM nya berapa giga?
      kalo sering keluar dari aplikasinya kemungkinan hpmu tidak kuat utk memainkan pes 2018

      Delete
  3. Harus Snapdragon karena mediatek tidak suport buat PES makanya forclose saat macth onlien

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gk hrs jg..
      Kemungkinan besar fktr ROM yg gk support(bkn chipset nya)banyk review yg dh ganti rom(root)ternyata bisa,klo yg ogah root(termasuk say)bisa pake parallel space Dan ternyata bisa.lalu untuk urusan lag,masuk aja ke engineer mode(no root)..game berat..hajar

      Delete
    2. Prosessor nggak ngejamin buat main PES lancar. Tapi saya lebih prefer ke Snapdragon untuk ngegame dibanding MediaTek. Untuk PES 2018 ini juga butuh spek hp yg tinggi biar main nyalancar

      Delete
  4. Bang maaf saya nnya knp ya setelah d update pes 2018,saya main sering balik ke menu utama nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makin diupdate, semakin besar perubahan yg terjadi.
      Pastikan hp kamu memenuhi standar dan jangan lupa selalu hapus aplikasi yg berjalan dibelakang supaya tidak terjadi lag.

      Delete
  5. Kenapa maen di j7 prime kok g nyaman y grafik gambarxa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya rasa spesifikasi J7 Prime kurang memadai untuk main PES 2018

      Delete
    2. Gan saya mau nanya kenapa kalo saya tanding local macth sama temen saya lewat bluetooth kenapa dihp saya lancar sedangkan dihp temen saya aga lag patah patah, hp saya xperia Z5 compact, hp temen saya xiaomi redmi note 3. Terima kasih

      Delete
  6. Gan saya mau nanya kenapa kalo saya tanding local macth sama temen saya lewat bluetooth dihp saya lancar sedangkan dihp temen saya aga patah patah/lag padahal operator jaringan sama. Hp saya Xperia Z5 compact, hp temen saya rata rata oppo f5 dan xiaomi redmi note 3/4.

    ReplyDelete
  7. Kalo saya pake j7plus ram 4gb tapi lagnya minta ampun sisa ram padahal msh 1.5gb'an rom msh di 10gb knapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngelag pas main online atau offline bro? coba perhatikan spek hp ente, kalo prosessor nya belom snapdragon mending jangan dipaksain

      Delete
  8. Kenapa redmi 2 tidak bisa instal apk pes 2018

    ReplyDelete

Anda menyukai artikel kami? Silakan masukkan blog kami kedalam whitelisting anda!

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×