Bocah Ini Ditangkap Polisi Karena Membuat Virus Wannacry

Bocah Ini Ditangkap Polisi Karena Membuat Virus Wannacry
Pihak kepolisian Jepang telah menangkap seorang anak laki-laki berusia 14 tahun di Osaka, karena diduga ia menciptakan dan menyebarkan virus malware ransomware.

Ransomware adalah sebuah virus perangkat lunak yang mengenkripsi file pada komputer korban dan membuat si korban tidak dapat mengaksesnya sampai korban membayar uang tebusan, biasanya untuk membayar tebusan melalui Bitcoins.


Sebenarnya Ransomware telah ada sejak beberapa tahun terakhir, namun saat ini telah menjadi ancaman utama bagi pebisnis dan pengguna komputer di seluruh dunia.

Bocah SMP itu telah menciptakan virus ransomware dan mengunggah koding nya di Internet, seperti yang dikatakan media jepang. Penangkapan ini adalah yang pertama kali terjadi di negeri sakura. 

Pelajar SMP kelas 3 tersebut, menggabungkan perangkat enkripsi gratisan untuk dikembangkan kembali menjadi ransomware buatan sendiri dan kemudian mengupload nya ke situs web asing dan bahkan ia mengajari orang untuk mendownload lalu menggunakannya untuk disebar ke web download demi keuntungan finansial.


Menurut polisi Jepang, ransomware buatan remaja tersebut ditargetkan ke para downloader yang nantinya hasil download nya bisa menginfeksi komputer korban. Framework ransomware-nya telah diunduh lebih dari 100 kali.

Hingga saat ini pihak berwenang belum mengungkapkan identitas remaja tersebut, namun polisi sudah menginformasikan bahwa siswa tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 3 hari untuk membuat program ransomware menggunakan komputer pribadinya.