10 Tips Cara Melihat Berita Hoax

10 Tips Cara Melihat Berita Hoax
Facebook terus gencar terhadap berita palsu alias Hoax. Tampaknya hasilnya meyakinkan, saat ini makin sedikit saja berita Hoax di Facebook.

Dalam sebuah postingan blog, Facebook Adam Mosseri selaku wakil presiden News Feed, menambahkan bahwa Facebook akan berkonsentrasi pada tiga area sekitar masalah ini. diantara nya: mencoba menghentikan bagi mereka yang mencoba menciptakan berita palsu untuk mengumpulkan klik dan pendapatan dari iklan, Produk yang memberikan Testimoni palsu dan yang terakhir membantu pengguna Facebook untuk mendapatkan informasi yang relevan.


Pada tahun Desember 2016 Facebook mulai menidak keras terhadap berita palsu. Nah, jika kamu menemukan yang sekira nya berita palsu, Kamu  bisa memberikan Bendera dan melaporkan nya Ke Pihak Facebook. Dan demi kenyamanan pengguna nya, Facebook memberikan 10 Tips kepada kalian untuk melihat ciri-ciri berita Palsu alias Hoax.

1. Jadilah Orang Yang Berpikir Kritis Dalam Berita Utama
berita palsu sering memiliki pengulangan kata dan melebih-lebihkan kata dengan tanda seru.

2. Selidiki Sumber
Pastikan penerbit dari sebuah berita adalah terkemuka dan menghasilkan Berita yang akurat dan sudah terpercaya

3. Carilah Kesalahan Penulisan Berita
artikel berita palsu biasanya tidak selalu diedit dan ditulis dengan kata-kata yang berkualitas dan biasanya penulisan mereka agak menyimpang

4.Periksa Alamat Berita Tersebut
Nama domain bisa dibeli oleh siapa saja dan untuk meyakinkan mu Domain mereka kadang terlihat Aneh, Nah pada titik ini lah biasanya Berita Palsu mulai tercium keberadaan nya

5.Periksa Thumbnail Foto 
berita palsu biasanya sering mengandung gambar atau video dimanipulasi. Kadang-kadang foto tidak sesuai dengan berita nya, yang alhasil Berita Hoax tersebut menghasilkan Click Bait yang membuat kamu penasaran dan tanpa sengaja kamu telah mengklik tautan tersebut.

6. Periksa Tanggal Pembuatan
berita palsu kadang memberikan tanggal yang sudah kadaluwarsa, misalnya kejadian nya pada tanggal 07 april 2014, dan Berita palsu akan memanipulasi tanggal menjadi 07 April 2017.

7. Apakah Berita itu membuat Berita Lelucon?
Ya, Kadang berita palsu sulit dibedakan dari humor atau sindiran. Kamu Dapat Periksa apakah sumber tersebut terpercaya dan apakah rincian berita tersebut benar-benar hanya untuk humor semata.

8. Apakah Berita Itu Bersifat Satire?
Menurut Wikipedia, Satire merupakan sebuah gaya bahasa yang menyatakan sindiran terhadap suatu keadaan atau seseorang. bentuk penyampaian nya seperti ironi, sarkasme dan parodi. Ya kalo saya boleh jujur, kita kadang sering tertipu oleh berita yang bersifat Satire.

9. Periksa Berita laporan lainnya
Jika kamu tidak menemukan sumber berita lainnya yang melaporkan berita yang sama, sudah dipastikan berita tersebut adalah Palsu. Jika kamu menemukan berita yang dilaporkan oleh beberapa sumber terpecaya, bisa jadi berita tersebut merepukan Berita Relevan alias terpecaya.

10. Beberapa Berita Yang Sengaja Dipalsukan
Berpikir kritis adalah hal yang wajib jika kamu sedang membaca berita, dan kamu juga berhak mencari tau tentang berita tersebut sehingga kamu mendapatkan berita yang relevan

Nah, dari sekian 10 Tips tersebut tampaknya Facebook kian menjadi sebuah jejaring sosial yang solid dan membantu pengguna melihat berita palsu. Dan Masalahnya adalah makin sedikit saja berita yang di share di Facebook yang merupakan Berita asli. 1,8 Milliar pengguna Facebook apakah bisa mengatasi Berita Hoax? hmm, Sayangnya itu sulit diwujudkan.