Home » » Bahaya! Ternyata Malware pada Android Tersembunyi di Aplikasi Ini

Bahaya! Ternyata Malware pada Android Tersembunyi di Aplikasi Ini

Sekali lagi, titik Pemeriksaan Perusahaan Keamanan menunjukkan temuan terbaru dari aplikasi gratis yang ada pada Google Play Store menyembunyikan malware jahat di dalamnya.

Dilansir dari laporan Check Point, Jumat (15/09/2017) lalu, bahwa Check Point mendeteksi 50 Aplikasi di Google Play Store yang mana didalamnya tersembunyi virus malware. Parahnya lagi aplikasi tersebut telah terbukti diunduh oleh 1 juta sampai 4,2 juta kali oleh pengguna yang malah tidak mengetahui tentang malware tersebut.


Virus yang menyamarkan diri sebagai wallpaper gratis, aplikasi edit foto dan video itu diam-diam mendaftarkan pengguna ke layanan berbayar, atau mengirimkan pesan teks palsu meminta korbannya untuk membayarkan sejumah uang.


Malware yang bernama ExpensiveWall ini adalah jenis malware baru yang sebelumnya ditemukan oleh pihak McAfee pada Januari 2017 lalu di Play Store. Perusahaan keamanan tersebut langsung melaporkan temuannya ke Google, dan Google pun langsung mengambil tindakan dengan menghapusnya.

6 comments:

  1. Apakah iya? Wah jadi selama ini saya salah instal aplikasi mas?

    ReplyDelete
  2. Wah, pihak Google harus lebih waspada nih kalau ada aplikasi baru di PlayStore. Apalagi aplikasi yang gak berguna harus segera dimusnahkan.

    ReplyDelete
  3. Kok ada malwarenya bisa masuk PS, emg pas masukin aplikasi ke PS gk ada pengecekan y dari pihak PS?

    ReplyDelete
  4. Waw... thanks infonya. Untung belum pernah instal kek gituan

    ReplyDelete
  5. min ngomong-ngomong kalo pake antivirus masih aman ga ya?

    ReplyDelete

Anda menyukai artikel kami? Silakan masukkan blog kami kedalam whitelisting anda!

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×