Home » » Makin Ketat, Cina Akhirnya Blokir WhatsApp

Makin Ketat, Cina Akhirnya Blokir WhatsApp

Baru-baru ini China telah memblokir WhatsApp, pakar keamanan setempat juga telah mengumumkan hal ini kepada awak media. Selama beberapa bulan terakhir, WhatsApp sering mengalami gangguan singkat, yang berimbas pengguna tidak dapat mengirim obrolan atau foto video. 

menurut penuturan Nadim Kobeissi, Mulai hari ini pesan teks WA sepenuhnya diblokir oleh pemerintah Cina. Nadim merupakan seorang kriptografer ternama di perusahaan Symbolic Software, sebuah firma riset yang berbasis di Paris yang juga memantau penyensoran digital di China.


Kobeissi juga menemukan bahwa China mungkin telah mengupgrade firewallnya untuk mendeteksi dan memblokir protokol yang digunakan WhatsApp bahkan periset tersebut juga meyakini pemerintah tersebut sudah memblokir domain HTTPS / TLS yang digunakan WhatsApp untuk mengirim foto dan video.

Langkah pemerintah Cina memblokir WhatsApp merupakan pukulan telak untuk Facebook. Sebelumnya perusahaan yang dipegang oleh Mark Zuckerberg itu juga dilarang di Negeri Tirau Bambu sejak 2009. Dengan pemblokiran WhatsApp, satu-satunya saham Facebook yang tersisa di China adalah aplikasi Ballful Colorful yang diam-diam dirilis pada bulan lalu.

9 comments:

  1. wow menurut ane ini sangat terlalu berlebihan

    ReplyDelete
  2. Diindonesia untung belum diblokir... semoga aja enggak.. ahadweb.com

    ReplyDelete
  3. Di cina saja, indonesia jangan ikut ikutan

    ReplyDelete
  4. moga indo kagak ikut2an ah klo ngak ada WA rasanya gmna ?

    ReplyDelete
  5. Semoga tidak di Indonesia. Soalnya sudah banyak komunitas yang menggunakan WA sebagai pemersatu angotanya. Termasuk saya

    ReplyDelete
  6. semoga aja di indonesia gak di block juga,...

    ReplyDelete
  7. Semoga hal ini tidak terjadi di indonesia, karena wa menurut saya penting

    ReplyDelete

Anda menyukai artikel kami? Silakan masukkan blog kami kedalam whitelisting anda!

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×