Home » » Lebih dari 1000 Virus Tertanam di Aplikasi Android

Lebih dari 1000 Virus Tertanam di Aplikasi Android

Spyware atau perangkat pengintai Perangkat pengintai adalah istilah dari sistem yang mengacu kepada salah satu bentuk program berbahaya yang nantinya spyware akan bekerja sebagai pengintai atau merusak data pengguna android.


Setidaknya, spyware tersebut menyebar secara agresif di Playstore sejak bulan Februari dan didistribusikan dengan berpura-pura menjadi aplikasi sms. Sebenarnya virus ini bekerja sebagai aplikasi perpesanan.

Diwaktu yang bersamaan aplikasi spyware dijuluki SonicSpy bisa melakukan berbagai tugas berbahaya, termasuk merekam dan menerima panggilan diam-diam dari mikrofon, membajak kamera perangkat dan memotretnya, membuat panggilan keluar tanpa izin pengguna, dan mengirim pesan teks ke nomor yang dipilih oleh hacker.

Selain itu, spyware SonicSpy juga mencuri informasi pengguna termasuk log panggilan, kontak dan informasi tentang poin akses Wi-Fi yang telah terhubung dengan perangkat yang telah terinfeksi nantinya si hacker dapat dengan mudah untuk melacak lokasi pengguna android.


Baru-baru ini spyware telah ditemukan oleh periset di perusahaan Security firm Lookout. Para periset juga menemukan tiga versi aplikasi pesan yang terinfeksi SonicSpy di Google Play Store, mengejutkan nya aplikasi itu telah diunduh ribuan kali.

Aplikasi yang diduga menjadi Spyware yakni: Soniac, Hulk Messenger dan Troy Chat ketiga aplikasi itu kini sudah dihapus dari daftar Play Store. Tetapi ketiga nya masih banyak tersedia di aplikasi pihak ketiga bersamaan dengan sistem pengintai nya.

6 comments:

  1. Wah mesti berhati hati ini.. soalnya hp saya suka kena virus, dan males buat nge flash nya lagi hehehe

    ReplyDelete
  2. waduh harus berhati2 nih, kalo gini hp harus dikasih antivirus gan sangat membahayakan

    ReplyDelete
  3. Android memang rentang terhadap virus. Memang keamanannye lebih baik IOS.

    Troy Chat ketiga, memang populer di gunakan.. Tapi saya baru tau.. Klp hal itu justru menjadi 'penyakit'

    ReplyDelete
  4. wow, emg virusnya darimana gan ? kokbisa

    ReplyDelete
  5. wah bahaya ini om harus dicegah secepat mungkin.

    ReplyDelete
  6. Tp setau saya hanya aplikasi aman dan sudah diseleksi dulu baru bisa masuk playstore.tp knapa hal ini masih tetjadi???

    ReplyDelete