Home » » 10 Manfaat Belajar Pemrograman Komputer

10 Manfaat Belajar Pemrograman Komputer

Bagi developer, ilmuan komputer, atau programmer tentu sudah tahu manfaat belajar bahasa pemrograman, tidak perlu dijelaskan lagi. Belajar bahasa pemrograman bagi mereka akan sangat bermanfaat untuk bidang pekerjaan yang dimilikinya, apalagi bagi mereka yang sedang mengerjakan proyek-proyek baru yang sama sekali belum pernah disentuhnya.


Mungkin bagi orang awam belajar bahasa pemrograman merupakan hal yang sulit dan terkesan hal itu tidak akan mereka kuasai. Padahal dari kebiasaan, kamu bisa saja menuliskan baru-baris kode yang benar dan menerapkan nya kedalam nalar yang tepat.

Selain itu iming-iming intensif yang besar, belajar pemrograman memiliki beberapa manfaat yang dapat kita rasakan. Manfaat ini tidak secara langsung dapat kita rasakan, tetapi dengan proses belajar yang tepat, manfaat ini akan kita rasakan jauh setelah proses tersebut terlewati.

Berikut ini adalah manfaat belajar bahasa pemrograman, kamu wajib coba.



1. Melatih Logika

Sama seperti pelajaran matematika dan fisika. Bahasa pemrograman juga memerlukan logika yang luas untuk menyelesaikan sebuah masalah, sehingga ketika kamu belajar bahasa pemrograman dirimu juga harus melatih kemampuan logika.

2. Kecepatan mengetik bertambah

Tentunya seorang pemrograman professional sudah terbiasa mengetik 10 jari. Dalam bahasa pemgrograman kamu juga secara tidak langsung terlatih atau terbiasa mengetik dengan cepat. Biasanya kamu mengetik satu per satu kata kali ini kamu bisa mengetik 10 jari dan bahkan tanpa melihat keyboard sekalipun.

3. Mendapatkan Ilmu baru

Ketika dirimu sedang mempelajari bahasa pemrograman tidak hanya bahasa pemrogramannya saja yang harus dipelajari namun kasus nya seperti kesalahan kode lah yang harus diselesaikan dengan system komputer. Jadi, mau tidak mau seorang programer harus mempelajari banyak ilmu untuk menyesuaikan kasus yang dialami. Untuk pemula saya sarankan belajar bahasa Pascal atau C++.

4. Kreatif No 1

Dalam melakukan coding, kamu dituntut untuk selalu kreatif dan diperlukan juga imajinasi tinggi. Sebab ketika programer membuat sebuah aplikasi atau sistem yang bagus mereka bisa menyelesaikan nya dan menangani bug yang ada. Oleh karena itu disini kreativitas mu harus dikembangkan.

5. Menghasilkan Dollar

Jika kelima aspek tersebut sudah terpenuhi, insyallah pundi-pundi uang akan mengalir di dompet mu. Sudah banyak programer yang awal nya tidak bertujuan mencari dollar, tetapi berkat ketekunan nya itu milyader kaya asal amerika serikat yakni Mark Elliot Zuckerberg pembuat jejaring sosial Facebook menjadi 10 orang terkaya di dunia.

Lalu apa aja sih jurusan kuliah yang berhubungan dengan coding/bahasa pemrograman? berikut ini jurusan yang cocok untuk belajar bahasa pemrograman

1. Teknik Komputer atau Computer Engineering (CE)

2. Information System (IS) atau Sistem Informasi (SI)

3. Teknik Informatika (TI)

4. Teknologi Informasi atau Information Technology (IT)

5. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) atau Software Engineering (SE)

So, tidak ada salahnya kamu mempelajari bahasa pemrograman komputer, tetapi dirimu juga harus taat waktu supaya tidak stres dengan coding. Belajar sewajarnya saja seperti manusia pada umumnya. Biasanya seorang programer lupa dengan waktu tidurnya mereka menganggap malam hari adalah waktu nya bekerja serta siang hari waktunya untuk tidur.


4 comments:

  1. saya juga lagi belajar pemrograman, jadi termotivasi nih

    ReplyDelete
  2. Saya udah Programmer tingkat lanjut nih .. tapi kadang masih aja lelet -_-

    ReplyDelete
  3. Benar sekali gan jaman sekarang si menurut ane harus belajar bahasa pemrograman dan ane juga masih belajar nih hehe

    ReplyDelete
  4. Benar sekali gan menurut ane penting sih belajar pemrograman di era yang sperti ini, ane juga lagi blajar pemrograman nih tapi baru dibagian bahasa java hehe

    ReplyDelete