Home » » Begini Cara Mudah Membedakan Powerbank Xiaomi Ori Dan Kw

Begini Cara Mudah Membedakan Powerbank Xiaomi Ori Dan Kw

Karena kualitasnya yang bagus dan spesifikasi yang baik, kini Xiaomi kini telah mendapatkan perhatikan luas oleh kalangan pecinta android. Namun, kepopularitas nya tersebut dimanfaatkan oleh oknum yang tak bertanggung jawab untuk membuat barang tiruan dan yang terjadi sekarang banyak powerbank Xiaomi tiruan dijual di pasaran.



Saya pernah membeli Powerbank Xiaomi 15000mAh ddi toko online dan meskipun terlihat mirip dengan yang asli, sebenarnya tidak. Pasti kamu akan bertanya-tanya "bagaimana ya cara membedakan powerbank ori sama yang kw? bukannya semua yang dijual itu barang asli ya?". Nah, dari pernyataan salah tersebut, Berikut ini saya akan memberikan beberapa tips membedakan powerbank asli dengan yang palsu.

Untuk variannya Mi Powerbank hanya mengeluarkan beberapa produk seperti:

Mi Power Bank 5.000 mAh (Diluncurkan pada tahun 2015)
Mi Power Bank 5,200 mAh (Diluncurkan tahun 2015)
Mi Power Bank 10.000 mAh (diluncurkan pada tahun 2015)
Mi Power Bank 10.400 mAh (diluncurkan pada tahun 2015)
Mi Power Bank 16.000 mAh (Diluncurkan pada tahun 2015)
Mi Power Bank 20.000 mAh (Diluncurkan pada bulan November, 2015)

Begini cara membedakan Powebank asli atau palsu.

1. Logo Mi



Cara pertama coba lihat logo Mi didepan itu, powerbank Xiaomi palsu dikemas dengan logo memudar dan transparan. Biasanya powerbank palsu hanya terdapat kabel USB saja tanpa kepala charger. Berbeda dengan yang asli, powerbank Xiaomi original akan ditandai dengan bahan yang ngedoff/tebal. Pada perbedaan pertama ini sudah terlihat jelas.

2. Tulisan Cetak Dibawah Powerbank



Kemudian yang kedua kamu bisa periksa tulisan di bagian bawah powerbank, jika tulisan tersebut terlihat samar-samar ketika diraba dan terasa timbul, maka bisa dipastikan kalau itu powerbank asli. Namun berbeda dengan yang palsu, jika tulisan nya tampak jelas dan tebal itu powerbank palsu. Perbedaan yang kedua ini cukup mencolok.

3. Port USB



Cara Ketiga, coba perhatikan pada port micro usb yang sudah dilingkari ini, port micro usb yang berada ditengah tersebut memiliki bentuk gepeng kecil dan lampu led nya pun memiliki warna putih beras. Berbeda dengan yang palsu, powerbank palsu akan ditandai dengan port micro usb yang sedikit besar dan lampu led nya berawarna hitam. Perbedaan yang ketiga ini cukup berbeda jauh.

4. Lampu LED



Ketika kamu sedang mencharging smartphone mu, coba lihatlah lampu yang bersinar. Ketika sedang di charging, biasanya lampu led powerbank asli lebih cenderung kedap-kedip berwarna putih. Nah disini kalau powerbank palsu tidak akan kedap-kedip.

5. Logo Mi di Mesin



Kemudian yang terakhir, ketika kamu melihat bagian port atau lubang tempat di colokan micro usb, disana terdapat logo Mi berwarna putih, bukan warna lain. Sementara yang palsu ada yang berwarna hitam ataupun warna lainnya. Lebih jelasnya lagi bisa dilihat pada gambar diatas.

Nah, dari kelima tersebut sudah cukup jelas bukan perbedaan nya? jika kamu masih penasaran kamu dapat membongkar body powerbank tersebut, karena hal itu juga mempermudah untuk menilai apakah asli atau palsu.

Lalu gimana cara membeli powerbank asli? Tempat pertama untuk membeli powerbank asli adalah ke situs mi.com ataupun toko resmi Xiaomi di Indonesia.

4 comments:

  1. wahh mntep, biar lebih waspada kita saat mau membeli produk

    ReplyDelete
  2. wah mantap, sekarang jadi tau mana yang asli mana yang alsu, gak salah beli lagi deh

    ReplyDelete
  3. Saya juga punya yang 10.000, langsung cek ternyata asli :D

    ReplyDelete