Home » » Mengenal Ancaman Hacking Webcam

Mengenal Ancaman Hacking Webcam

Siapapun yang sedang memakai webcam pada komputer atau kamera ponsel lebih rentan beresiko dimata-matai atau bahkan ancaman lebih besar yaitu terkena hacked. Pada bulan Oktober 2016, denial of service mendistribusikan jutaan situs tanpa akses dengan cara men-Shutdown situs-situs terkemuka seperti Twitter, Reddit, Github, Amazon dan masih banyak lagi. Hal tersebut disebabkan oleh mudahnya menebak password default pada webcam.


Ini adalah fenomena baru. Banyak Hacker epidemi yang menyerang berbagai pengguna komputer atau laptop diseluruh dunia. Menurut Pew Research Center "78 persen orang dewasa dan di bawah 30 persen nya mempunyai Laptop atau Komputer yang datang dilengkapi dengan Webcam." Contoh nya saja pada kasus di Tahun 2016, banyak korban yang terkena webcam hacker dan menyebabkan komputer mereka mendadak mati.

Menurut Swati Kulkarni, seorang profesional IT profesional dibidang Food and Drug Administration, korban serangan webcam hacker “tidak selalu membuat kesalahan pertama, seperti mendownload sesuatu yang disisipkan script tertentu.”

“Banyak sekali bug dalam alat diinstal yang menjadi penyebab terkena hacking webcam,” kata Kulkarni. “Sebagai contoh, kerentanan tersebut didokumentasikan dalam versi adobe flash yang lebih tua. Yang otomatis hal tersebut akan mengaftikan webcam dan mikrofon tanpa sepengetahuan atau persutujuan pengguna.”


Kebanyakan hacker menggunakan malware atau alat administrasi remote untuk mendapatkan akses ke komputer dalam bentuk acak atau ditargetkan pada Webcam mereka. RAT mirip dengan virus, dalam arti mereka menginstall suatu aplikasi dan secara tidak sengaja, yang memungkinkan hasil download file atau aplikasi tersebut terkena infeksi Virus.

Namun, hacker tidak terpusat dalam satu ancaman. NSA telah lama dikabarkan memiliki teknologi khusus yang memungkinkan mereka untuk menguping percakapan, membajak mikrofon atau kamera, mengamati serta merekam gambar atau video dari pengguna komputer dan lingkungan mereka disekitarnya.

Mantan karyawan CIA Edward Snowden pernah mengatakan "tidak etis memata-matai warga Amerika dan Dunia". CEO Facebook Mark Zuckerberg dan Direktur FBI James Comey menhimbau kepada pengguna Laptop atau Komputer untuk selalu waspada terhadap Hacking Webcam, karena bahaya dari serangan tersebut adalah pengguna sangat mudah untuk di intai dan di ekspolitasi kehidupan pribadi pengguna komputer.

Michael Grinnell dari Universitas Deputi Chief Information Security Officer, memberikan beberapa tips dan trik mencegah aksi hacking webcam dan eksploitasi.

“Sangat penting untuk menjaga komputer Kalian berjalan yang sudah didukung dengan Operating System, perangkat lunak Anti-Virus, menginstal patch dan menggunakan password yang kuat,” kata Grinnell. 

“Sebuah lapisan tambahan seperti multifaktor Authentication atau juga disebut dua faktor atau dua langkah login. Juga sangat penting diterapkan pada account email Kalian, Facebook dan di mana pun yang tersedia fitur tersebut.”

5 comments:

  1. Yang terpenting ketika kita berselancar di dunia internet ini bisa membatasi apapun yang akan kita akses, karena sehebat apapun antivirus yang kita pasang malware akan mampu menembus nya.

    Tidak ada sistem yang sempurna :)

    ReplyDelete
  2. ntah kenapa saya malah kagum sama hacker XD

    ReplyDelete
  3. emang ajib bener nih para hacker, mereka selalu banyak akal untuk mendapatkan informasi.

    ReplyDelete
  4. emang ajib bener nih para hacker, mereka selalu menemukan celah untuk mengetahui informasi yg mereka inginkan.

    ReplyDelete