Home » » Google Project Owl, Sebuah Algoritma Untuk Memberantas Berita Hoax

Google Project Owl, Sebuah Algoritma Untuk Memberantas Berita Hoax

Perusahaan Alphabet Inc. membuat perubahan besar-besaran. Melalui update Google Search ia memberikan kualitas algoritma di mesin pencari Google. Update tersebut dimaksudkan agar mesin pencari tersebut bisa memperbaiki kesalahan artikel palsu yang menyinggung. 

Google juga menetapkan peraturan baru yang mendorong pengguna bisa membuat "Rating" di suatu web. Saat di uji coba, 10.000 Karyawan Google telah menetapkan "rating" hasil pencarian dan juga menandai halaman web yang menjadi Sumber Berita Hoax.



Apa yang Baru di Google Search?

Pertama adalah keterlibatan "manusia". Ya, makhluk hidup berkaki dua inilah yang menyebabkan berbagai masalah berita palsu. mulai pertama Manusia akan bekerja sama dengan Algoritma Google yang membantu menampilkan informasi yang lebih relevan dan berkualitas pada laman hasil pencari Google.

Yang kedua adalah... Yak masih manusia! bagaimanapun itu, keterlibatan manusia sangat penting dalam hal ini pengguna internet seperti saya dan kalian. Dengan menghadirkan cara baru kamu bisa melaporkan berita palsu ke Google, Sehingga mereka dapat menandai atau menghapusnya. Google memiliki kontrol besar yang dirasakan kepada pengguna seperti saya dan kalian.

Dan yang terakhir adalah Algoritma. Yak! Perubahan ini sangat penting di dalam mesin Pencari Google dan Algoritma tersebut dirombak besar-besaran. Jika kualitas sebuah konten berbobot, Maka Algoritma tersebut akan menampilkan informasi yang relevan di sebuah Web beserta sumbernya, sebaliknya Pada posisi ini konten yang dianggap palsu tidak akan ditampilkan pada mesin pencari Google.



5 comments:

  1. ini nih yang bagus di era sekarang, karena banyaknya berita hoax yang tersebar dan tidak ada konfirmasinya, macam laman di sewod.com tuh,,

    ReplyDelete
  2. Nampaknya upaya Google untuk memberantas berita bohong layak diapresiasi, nice post Gan

    ReplyDelete
  3. Algoritmanya bagus kalau benar2 diterapkan,tapi berpengaruh ke lain2nya gak gan

    ReplyDelete
  4. bagus nih untuk menghilangkan website yang sembarangan sebar berita hoax

    ReplyDelete
  5. Terus bakalan berdampak gak pada ranking sebuah blog di SERP?

    ReplyDelete