Home » » Begini Cara Memperbaiki Laptop Yang Terkena Overheat

Begini Cara Memperbaiki Laptop Yang Terkena Overheat

Pasti kamu sering terheran-heran ataukah malah cuek saja, jika kamu mendapati laptopnya panas saat di gunakan. menurut saya, ini memang wajar saja, karena juga Laptop adalah barang elektronik.


sudah umum jika barang-barang elektronik itu bisa menimbulkan panas, walau sekalipun di kasih pendingin atau kipas, tapi tetap saja menimbulkan panas.

tapi, jika panas yang dihasilkan melebihi batas maksimal, alias overheat, nah ini perlu dipertanyakan. Biasanya kalau Laptop terjadi panas yang yang berlebih, itu karena beberapa faktor, dan ini umum terjadi. lalu, bagaimana cara mengatasi Laptop yang terkena overheat alias panas berlebihan?

1. Perbaiki Cooling Fan

Hal pertama dan paling penting yang perlu kamu lakukan ketika laptop mu panas, adalah bersihkan cooling fan. Perlu juga diperhatikan, pilihlah cooling fan dengan putaran kipas kencang dan stabil. Hal yang tak kalah pentingnya adalah jangan malas untuk membersihkan kipas cooling fan dari debu.

2. Hindari Pemakaian Laptop Di Permukaan Datar


Kebanyakan pendingin laptop berada pada bawah laptop. Jika laptop ditaruh di permukaan yang tidak rata seperti selimut, bantal, atau pangkuan mu, aliran udara ke dalam laptop terganggu. Selanjutnya, pendingin laptop tidak optimal yang akan terjadi adalah permukaan bawah laptop akan menjadi panas

3. Memilih Laptop Yang Terdapat Liquid Cooling System

Pada saat akan membeli laptop, usahakan memilih laptop yang memiliki sistem pendingin liquid. Sistem tersebut saat ini menjadi primadona bagi para gamer karena terbukti ampuh membuat laptop tidak cepat panas.

4. Close Program yang Tidak Digunakan



Frekuensi CPU juga menentukan mengapa laptop mu sering mengalami yang namanya overheating. Pastikan penggunaan CPU mu berada tidak lebih dari 75%. Artinya, jika lebih dari itu maka sudah jelas laptop kamu akan mengalami overheating.

5. Bersihkan Kipas Prosesor dan Lubang Ventilasi

Dan yang terakhir adalah bersihkan kipas prosesor dan lubang ventilasi, hal ini merupakan cara lain yang tidak kalah efektif untuk mengatasi overheat pada laptop. Bersihkanlah agar tidak terjadi penyumbatan pada panas laptop agar keluar sempurna. Bersihkan setiap 1 Bulan sekali.


Nah seberapa sering kamu membersihkan laptop mu untuk mencegah dari overheating alias laptop cepat panas? dan Apakah kamu memiliki tips tambahan? silahkan kamu bisa berkomentar dibawah untuk menambahkan tips lain nya


6 comments:

  1. Thanks mas bro, udah nggak overheat lagi nih Laptop ane :)

    ReplyDelete
  2. oh jadi jangan di simpan di tempat datar toh

    ReplyDelete
  3. Mantap gan, nambah ilmu tentang komputer.

    ReplyDelete
  4. Bukannya harus di tempat yg datar ya gan?

    ReplyDelete
  5. wah terimakasih atas ilmunya,, jadi bener lg laptopku yang overheat .. thanks !!

    ReplyDelete

Anda menyukai artikel kami? Silakan masukkan blog kami kedalam whitelisting anda!

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×