Home » » Tips Buat Kamu yang Pengen Jadi Youtuber Gaming Terkenal 2017

Tips Buat Kamu yang Pengen Jadi Youtuber Gaming Terkenal 2017

Channel youtube gamming semakin merajalela, khususnya di indonesia. Para gamer cukup bermain dan mereview game yang ia mainkan. Salah satu gamer sukses yang merambah ke dunia video YouTube adalah PewDiePie. Sampai saat ini, dia sudah mencapai lebih dari 45 juta pelanggal channel.

Di Indonesia sendiri, salah satu channel YouTube gaming yang terkenal adalah Reza oktovian dengan nama channel Rezaoktovian. Memulai menjadi YouTuber sejak 2012 yang lalu, sampai saat ini dia sudah mendapatkan lebih dari 1 juta subscriber. 


Berikut adalah beberapa tips buat kamu yang pengen menjadi youtuber gaming
  • Mulai dari topik yang disuka
Cara paling mudah untuk membuat konten tentang video game adalah dimulai dari topik yang paling kamu suka dan kuasai. Topik yang diangkat bisa beraneka macam, seperti game yang sering kamu mainkan, seluk-beluk aksesori PC favorit kamu yang telah dipakai sejak lama, atau hal lainnya.

Dengan membicarakan hal yang sangat dipahami, kamu bisa memberikan pandangan mendalam yang mungkin belum diketahui oleh para gamer lain. Kamu juga dapat membagikan pengalaman yang mungkin akan berguna untuk para penonton.
  • Unggah secara rutin

Gamer akan sering mengecek konten baru yang ada di internet. Dengan demikian, bila kamu secara rutin mengunggah konten baru untuk dinikmati para gamer, mereka akan dengan senang hati menontonnya untuk hiburan masing-masing.

Tidak ada patokan resmi seberapa sering kamu harus mengunggah konten. Kamu bisa menghadirkan konten video secara harian atau bahkan mingguan. Yang pasti, sampaikan kepada para penonton kapan biasanya kamu mengunggah video, dan usahakan untuk selalu menepati jadwal yang kamu buat.
  • Ajak penonton untuk share
Segencar apapun promosi yang kamu lakukan, tidak ada yang lebih efektif dari partisipasi para penonton untuk membagikan konten yang kamu buat. Efek domino dari para penonton yang membagikan video milikmu adalah reaksi yang perlu kamu kejar sehingga membuat konten menjadi viral.

Hampir di semua video yang sukses menjadi viral, ada satu kesamaan yang dilakukan oleh para kreatornya, yaitu ajakan kepada para penonton untuk melakukan share. Dengan senantiasa mengingatkan penonton untuk membagi video yang kamu buat, mereka akan memiliki kesadaran untuk berbagi kepada teman-temannya bila benar-benar menikmati konten yang kamu sajikan.
  • Moderasi konten menarik
Selain channel yang kamu miliki, para gamer yang menonton YouTube juga tertarik dengan konten video dari channel lain yang sama-sama menyajikan topik menarik. Daripada membiarkan mereka mencari sendiri, kamu bisa memberi tahu tentang video menarik apa lagi yang ada di YouTube.

Manfaatkan fitur Like yang ada di YouTube untuk memberi tahu subscriber channel milikmu tentang konten menarik lainnya. Kamu bahkan bisa membuat video yang merekomendasikan sederet konten, channel, ataupun beragam hal menarik lain yang kamu pikir menarik untuk diketahui para penonton.

Dengan merekomendasikan konten lain, para penonton dapat berpaling padamu sebagai pihak yang memberikan referensi berkualitas. Akan tetapi jangan lupa, pastikan bahwa konten orisinal yang kamu buat memiliki keunikan tersendiri yang tetap membuat para penonton setia kepada channel milikmu.
  • Dengarkan permintaan penonton
Penonton yang meluangkan waktu untuk menulis permintaan di kolom komentar video memiliki kecenderungan akan kembali guna menonton video lain milikmu. Permintaan ini bisa menjadi salah satu indikasi apa yang sebenarnya dicari oleh para penonton lainnya, karena siapa tahu sebenarnya banyak penonton lain yang memiliki pemikiran sama dengan mereka.

Tidak ada salahnya kamu memenuhi permintaan mereka untuk membahas topik tertentu, atau bahkan melakukan hal di luar kebiasaanmu sendiri demi menghibur mereka. Jadikan konten yang berasal dari permintaan penonton sebagai selingan dari konten rutin lainnya yang kamu unggah di channel YouTube.
  • Do it for fun
Salah satu tip yang selalu saya dengar dari sebagian besar kreator YouTube, tidak peduli apa jenis konten yang diunggah, adalah mereka pada awalnya hanya ingin sekadar bersenang-senang dan berbagi. Niat menjadi kreator YouTube profesional menjadi urutan kesekian yang tidak masuk dalam prioritas. Seiring dengan semakin besarnya channel yang dikelola, barulah mereka memutuskan untuk menekuni karier tersebut dengan serius.


Jangan pantang menyerah, tetap rajin mengunggah konten, dan jadikan aktivitas itu sebagai selingan di antara rutinitas harian. Dengan tetap semangat dan melakukannya penuh suka cita, bukan tidak mungkin bila para gamer lainnya akan mengapresiasi passion yang kamu miliki dan menjadi penonton setia.

Itulah Beberapa tips buat kamu yang ingin menjadi youtuber terkenal, dan semoga dapat membantu channel gaming mu berkembang. Jika kamu punya tips lain, silahkan komentar dibawah ya!


4 comments:

  1. butuh modal juga kalo mau jadi youtuber gaming min but nice info min hehe

    ReplyDelete
  2. maen game yang udah sering di maenin gan biar keliatan pro di mata penonton :v

    ReplyDelete
  3. Ngomongin youtuber gaming jadi inget Peewdipie gan. Doi penghasilannya pasti udah milyaran...

    ReplyDelete
  4. wah kayaknya aku berminatnih,,, makasih arahannya ya ...
    nuce info

    ReplyDelete