Home » » 6 Tanda Kemungkinan Ponsel Kamu Disadap

6 Tanda Kemungkinan Ponsel Kamu Disadap

Penyadapan memang bukan isu baru di dunia telekomunikasi. Kendati demikian, isu penyedapan sebenarnya masih menuai polemik dari beberapa pihak mengenai tujuan dilakukannya hal tersebut.

Terlepas dari masalah itu, ternyata tak banyak yang mengetahui bahwa ada cara sederhana untuk mengecek apakah sebuah smartphone disadap atau disusupi oleh pihak asing.

Penasaran, seperti apa tanda-tanda sebuah smartphone telah disadap? Berikut ini ada lima tanda sebuah ponsel telah disadap seperti dikutip dari laman Make Use Of



1. Baterai Boros

Baterai smartphone yang cepat habis mungkin merupakan masalah biasa bagi sebagian pengguna. Selain penggunaan beragam aplikasi, baterai yang sudah lawas atau bermasalah memang dikenal tak bisa bertahan lama.

Namun perlu diketahui, baterai yang cepat habis dapat menjadi tanda smartphone-mu mungkin berhasil disusupi oleh pihak ketiga. Daya baterai yang terkuras lebih cepat tanpa penggunaan berlebih merupakan kondisi yang disebabkan malware.

2. Konsumsi Data Berlebih

Tak dimungkiri, sebagian besar aplikasi yang ada di smartphone membutuhkan jaringan internet untuk dapat berjalan optimal. Untuk itu, pengguna smartphone selalu berusaha untuk terhubung dengan internet, baik dengan jaringan seluler atau Wi-Fi.

Namun, pengguna sebaiknya juga dapat memantau penggunaan konsumsi data dalam periode tertentu. Alasannya, konsumsi data yang berlebihan dan tak sesuai dengan penggunaan menjadi salah satu ciri ada masalah di smartphone tersebut.

Jika kamu tak menemukan sumber masalah yang mungkin terjadi, seperti aplikasi yang berjalan atau tethering internet, ada kemungkinan ada pihak lain yang 'menumpang' lalu lintas internet.

3. Aplikasi dan Iklan yang tidak di inginkan

kamu mungkin terlalu sibuk dengan bersocial media, sehingga mudah untuk melupakan bahwa kamu mengunduh aplikasi yang tidak diinginkan. Hal ini tanpa diketahui pengguna Hal ini tanpa diketahui oleh pengguna sehingga aplikasi itu tiba-tiba sudah ter install di ponsel kamu.

4. Performa Smartphone bermasalah

Merasa ada masalah pada performa smartphone, seperti kinerja yang kian melambat? Terkadang masalah itu dapat diatasi dengan melakukan sejumlah cara, seperti membersihkan cache atau menghapus sejumlah data tak terpakai.

Hanya, kadang-kadang solusi tersebut tak juga membuahkan hasil. Salah satu penyebab yang mungkin terjadi adalah malware yang tak disadari ada di dalam perangkat.

Apabila benar, malware itu dapat mengakses informasi dasar termasuk memotong lalu lintas pesan dalam sebuah perangkat. Data yang dibutuhkan untuk melakukan proses tersebut yang menjadikan performa menjadi lebih lambat.

5. Pesan Aneh

Pesan mengganggu atau spam juga dapat menjadi salah satu indikator untuk mengetahui sebuah perangkat telah berhasil disusupi pihak asing. Karenanya, sebisa mungkin untuk tak mengabaikan begitu saja pesan yang tiba-tiba muncul dan berisi karakter, angka, atau simbol acak.

Penyerangan melalui pesan singkat semacam ini biasanya dilakukan oleh pelaku kejahatan siber. Bahkan, apabila berhasil menyusup ke perangkat korban, pihak penyerang dapat mengirim pesan tanpa diketahui oleh korban.

6. Website yang tampilan nya berubah

kita semua mengenal scam/mata-mata, kita melupakan saran dari teman untuk tidak membuka website yang dilarang namum kita lupa dan membuat kesalahan sendiri.

malware yang bertindak sebagai proxy, menyadap komunikasi antara kamu dan situs yang kamu kunjungi. Mungkin menyuguhkan halaman palsu untuk kamu, atau hanya melacak apa pun yang kamu ketik. Jika kamu menggunakan browser dalam mode pribadi itu tidak akan terjadi.

9 comments:

  1. Kalo saya sering BATREI BOROS gan,
    untuk mengatasinya gimana ya?

    ReplyDelete
  2. tanda-tandanya mirip spt klo laptop kena virus ya :)

    ReplyDelete
  3. wah jadi tau nih tanda-tanada kemungkinan di sadap :D thanks gan :D

    ReplyDelete
  4. Bisa jadi ini punya ana terutama baterainya sangat boros sekali.trims sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  5. Kalo saya sering habis batrenya, apa itu juga sadap y....?

    ReplyDelete
  6. waduh tanda 1 dan 2 ada di smartphone saya :O smoga gapapa...

    ReplyDelete
  7. FYI juga, provider di kita jg rata rata punya & dikelola swasta. Ga heran kalo bukan sadap doang, tp data personal kita jg udah terjual.
    Sedih ya haha

    ReplyDelete
  8. makasi infonya ini gan bermanfaat banget

    ReplyDelete

Anda menyukai artikel kami? Silakan masukkan blog kami kedalam whitelisting anda!

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×