Home » » 10 Tips Agar Kondisi Tubuh Tetap Bugar Meski Harus Berlama-lama Didepan Komputer

10 Tips Agar Kondisi Tubuh Tetap Bugar Meski Harus Berlama-lama Didepan Komputer

Di era modern seperti saat ini, hampir semua pekerjaan dapat dilakukan dengan komputer. Banyak profesi yang mengharuskan mereka harus standby didepan komputer dalam waktu yang cukup lama, mungkin profesi kamu saat ini salah satunya.

Perlu diketahui bahwa terlalu lama menatap monitor dan duduk berjam-jam dapat berakibat buruk bagi kesehatan mu. Keluhan yang sering terjadi biasanya seperti rasa pegal pada tubuh, sakit leher, atau mata perih. Terlebih jika hal ini dilakukan terus menerus dan dalam jangka waktu yang panjang, tentu sangat beresiko bagi kesehatan.


Namun sebelum kesehatan kamu pada tahap yang mengkhawatirkan, ada baiknya untuk menyimak beberapa tips agar kamu tetap prima meskipun seharian berada didepan komputer.

  • Perhatikan Posisi Duduk

Langkah dasar yang bisa agan lakukan adalah dengan mengatur posisi duduk saat didepan komputer. Jangan terlalu membungkuk karena dapat mengakibatkan cepat lelah terutama pada leher dan punggung. Perhatikan juga jarak pandang terhadap layar komputer agar tidak terlalu dekat, karena radiasi yang dipancarkan oleh monitor tidak baik untuk kesehatan mata. Posisi yang disarankan adalah posisi tubuh dan mata sejarar dengan layar komputer, hal ini akan membuat agan lebih nyaman saat beraktifitas di depan komputer.


  • Gerakkan Badan Setiap Berapa Menit

Sesekali ajak anggota tubuh kamu untuk bergerak. Dimulai dari tangan, bahu, dada, leher, perut dan kaki. Lakukan setiap 30 menit sekali atau lebih, hal ini bisa membantu melancarkan peredaran darah dan juga untuk menghindari rasa pegal dan pusing.

  • Istirahatkan Mata

Ternyata mata juga perlu istirahat. Saat didepan komputer mungkin kamu jarang mengedipkan mata karena terlalu fokus dengan pekerjaan. Cobalah untuk mengalihkan pandangan pada objek lain disekitar, bisa juga melihat kondisi luar ruangan jika posisi kamu berdekatan dengan jendela.

  • Berdiri dan Berjalan

Cobalah untuk beranjak dari tempat duduk kamu sementara waktu. Sempatkan untuk berdiri atau berjalan untuk mengambil air minum ke dapur agar setidaknya tubuh tetap aktif bergerak

  • Siap Sedia Air Putih

Saat duduk didepan komputer memang paling nikmat jika ada segelas kopi atau teh hangat, namun air putih adalah pilhan yang bijak. Hal ini bisa membantu kamu agar terhindar dari dehidrasi dan sakit pinggang akibat terlalu lama didepan komputer.

  • Batasi Waktu Penggunaan Komputer

Batasi penggunaan komputer untuk mengistirahatkan tubuh, misalnya setiap 1 jam kamu harus berhenti dari aktifitas pekerjaan kemudian mulai lagi setelah 5 menit kemudian.

  • Gunakan Keyboard dan Mouse Eksternal

Jika kamu menggunakan laptop ada baiknya untuk menggunakan keyboard dan mouse eskternal. Selain cara penggunaannya yang fleksibel, kamu juga bisa mengatur jarak antara laptop dengan keyboard supaya lebih rileks.

  • Olaharaga Teratur

Terlalu lama didepan komputer juga akan membuat otot dan persendian jarang bergerak dan kurang baik untuk kesehatan. Sempatkan diri untuk berolahraga di waktu senggang. Ada pepatah mengatakan “Didalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat”. Akitiftas olahraga selain membantu kondisi fisik tetap bugar, juga membuat jiwa atau perasaan kamu lebih bersemangat saat bekerja.

  • Pola Makan Sehat

Faktor lain yang akan membuat tubuh tetap bugar tentu saja adalah pola makan kamu sehari-hari. Sebagian orang mengalami perubahan berat badan akibat terlalu lama didepan komputer. Hal ini bisa diimbangi dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya serat dan vitamin agar metabolisme tubuh kamu tetap terjaga.

  • Hindari Bekerja di Tempat Gelap


Bekerja pada area yang gelap kurang baik untuk mata. Tempat yang gelap membuat mata bekerja lebih keras saat menatap layar komputer dan membuat mata cepat lelah. Mulai sekarang perhatikan pencahayaan pada ruang kerja kamu apakah sudah sesuai atau belum.

Itulah tips dari saya agar kondisi kesehatan kamu tetap terjaga meskipun harus berlama-lama didepan komputer. Kamu bisa bekerja dengan nyaman, lebih fokus dan lebih produktif tentunya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

6 comments:

  1. Trimakasih tipsnya gan sangat membantu, sekarang saya jadi tau cara mengatasinya

    ReplyDelete
  2. Cocok buat saya nih.. tapi sering di depan hp bukan pc

    ReplyDelete
  3. ini nih yang perlu diterapin nice info gan

    ReplyDelete
  4. Njir pola makan ngaruh juga rupanya.
    Waaah musti berubah dikit nih.

    ReplyDelete