Home » » 10 Hal Sepele Namun Berbahaya Bagi Android

10 Hal Sepele Namun Berbahaya Bagi Android




Sebagai pengguna ponsel android, pasti kita pernah melakukan suatu hal yang kita anggap tidak berbahaya bagi andorid kita. tapi kenyataannya justru sebaliknya Nah, untuk kali ini setelah anda membaca artikel berikut diharapkan lebih sadar atas apa yang telah anda lakukan itu berbahaya atau tidak bagi ponsel android anda.

10 Hal Sepele Namun Berbahaya Bagi Android

Dibawah ini ada beberapa hal yang mungkin dapat menyebabkan resiko apabila anda lakukan, meskipun hal ini terbilang sepele,lantas kita menganggapnya sesuatu yang wajar yang tidak akan ada efek nya jika dilakukan berulang-ulang. apa saja itu? simak baik-baik :

1. Menggunakan Ponsel Android hingga panas

Memang seringkali kita mengabaikan hal yang satu ini, penggunaan hingga panas. Jadi sebaiknya anda juga turut memperhatikan lamanya waktu penggunaan. Sebab bagaimanapun juga apabila ponsel dalam keadaan panas namun anda masih juga menggunakannya, yang ada malah baterai anda bisa drop. atau bahkan ponsel android anda juga akan cepat rusak.


2. Menggunakan hingga baterai ponsel habis

Disini maksudnya penggunaan yang dilakukan hingga baterai 0% alias habis total. Karena apabila hal ini terjadi bisa menyebabkan kebocoran pada baterai hingga menyebabkan umur ponsel android anda pendek. jadi hindari perlakuan seperti ini. Usahan ketika baterai mencapai 20% segeralah untuk melakukan pengisian ulang baterai

3Menggunakan Ponsel Android saat baterainya di charge.

Sering kita melakukan aktivitas demikian, mengisi baterai sambil menggunakannya juga. Hal ini lah yang menyebabkan baterai menjadi menggembung.

4. Menginstall aplikasi yang sembarangan

Meskipun android itu bersifat open source, namun anda jangan dengan sembarangan menginstal bermacam-macam aplikasi. Karena bisa jadi aplikasi tersebut suatu aplikasi yang dimanipulasi menjadi aplikasi malware. Sehingga bisa mengakibatkan android anda terkena virus berbahaya. Terkadang kita kerap kali mengabaikan lisensi dari suatu aplikasi yang akan kita instal, meskipun telah diperingatkan namun tetap saja menginstalnya.

5.Memaksakan aplikasi supaya tetap berjalan

Untuk contoh yang biasa terjadi misalnya menggunakan Android low-end yang pada dasarnya tidak kompatibel dengan beberapa game seperti pigie. maka apa yang terjadi? ponsel anda akan mengalami Lag atau hang berat. Demikian ini jelas akan membuat prosesor ponsel anda lama kelamaan menjadi rusak.

6, Mengedit Build.Prop


Faktor utama yang menjadikan ponsel anda bootloop ya perkara yang satu ini. Banyak sekali keluhan dari para pengguna akan hal ini. Meskipun apabila kita lihat tujuan daripada mengedit bulid.prop sangatlah berguna untuk mempercepat performa ponsel juga media hiburan, namun tetap sesuaikan dengan porsinya. Jadi selalu perhatikan apa yang telah anda rubah, usahakan untuk selalu melakukan back-up data agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan termasuk hilangnya semua data ponsel anda.

7. Flashing

Aktifitas Custom ROM pada ponsel android memang berasa menyenangkan. karena kita bisa mempercantik tampilan, meningkatkan kinerja, maupun mengubah sesuatu sesuai dengan keinginan kita. Namun sebaiknya juga anda perhatikan waktu flashing. Sebab apabila kita sering melakukan flashing maka akan semakin pendek pula umur Android yang anda gunakan.


8. Sering cas smartphone menggunakan laptop/pc

membutuhkan waktu yang lebih lama jika cas melalui laptop, terlalu lama terhubung ke laptop membuat baterai dan komponen smartphone panas berlebih dan akhirnya cepat rusak, tidak hanya baterai dan smartphone kamu yang cepat rusak namun baterai laptop juga akan cepat rusak.

Daya yang dikeluarkan oleh laptop belum tentu juga sesuai dengan daya yang dibutuhkan oleh baterai smartphone.

9. Tidak membuka case tambahan ketika di cas

Sebaiknya buka case tambahan dari smartphone saat isi ulang. Untuk keamanan dan kenyamanan terutama aman dari benturan memang case tambahan sangat di perlukan, namun ketika smartphonemu hendak kamu cas sebaiknya buka case tambahan tersebut agar aliran panas di permukaan tidak terhalang dan umur smartphone akan lebih awet.

10. Sering menggunakan charger yang bukan bawaan

Hindari terlalu sering men-cas smartphone menggunakan charger yang bukan bawaan, boleh saja menggunakan charger lain ketika dalam keadaan darurat saja tapi jangan terlalu sering akibatnya bisa berbahaya untuk kelangsungan umur baterai dan smartphone kamu.

Hati-hati dan jangan tergiur dengan beredarnya charger yang dibekali kemampuan fast charging di pasaran, kemampuan charger bawaan sudah sesuai dengan kepasitas dari smartphone itu sendiri, sedang charger lain belum tentu bisa memenuhi atau bahkan bisa melebihi kebutuhan smartphone yang kamu miliki.


Itu tadi beberapa hal sepele yang sering kita abaikan dalam keseharian penggunaan ponsel android yang mana sebenarnya meskipun sepele namun ada efek berkelanjutan yang ujung-ujungnya berakibat fatal pada ponsel atau bahkan terjadi kerusakan. Alangkah baiknya kita selalu waspada akan apa yang kita lakukan.

7 comments:

  1. wah ane baru mengenai no. 10 , thanks infonya gan

    ReplyDelete
  2. kebiasaan saya mainin ponsel sampe panas min, makasi informasinya

    ReplyDelete
  3. Wah kalo saya Alhamdulilah tidak pernah
    melakukan hal tersebut gan, dan HP dari tahun
    2015 masih bagus hingga sekarang :)
    mksih infonya gan :D

    ReplyDelete
  4. Poin 2 sampai 7 itu true banget sering saya lakuin seperti itu ternyata ada dampak buruknya juga thanks deh min

    ReplyDelete
  5. Hp andro yg di root jga menyebabkan kerusakan yg lumayan parah loh

    ReplyDelete

Anda menyukai artikel kami? Silakan masukkan blog kami kedalam whitelisting anda!

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.

Thank you!

×